Kategori: ,

Bedanya Fitri dan Fitrah | #NulisRandom 19

 Bedanya Fitri dan Fitrah

Mengenai kata Ied/Idul sebagai hari raya. Ibnul A’rabi mengatakan Hari raya dinamakan id karena berulang setiap tahun dengan kegembiraan yang baru. (Lisan Al-Arab, 3/315).

Ada juga yang mengatakan, kata id merupakan turunan kata Al-Adah [arab: العادة], yang artinya kebiasaan. Karena masyarakat telah menjadikan kegiatan ini menyatu dengan kebiasaan dan adat mereka. (Tanwir Al-Ainain, hlm. 5).

 

Makna Kata Fitri

“Dari Anas RodhiyAllahu’anhu, ia berkata: Nabi sholAllahu ‘alaihi wa sallam tidak keluar rumah pada hari raya ‘Iedul fitri hingga makan beberapa kurma.” (HR. Bukhari). Menurut Ibnu Muhallab bahwa hikmah makan sebelum sholat adalah agar jangan ada yang mengira bahwa harus tetap puasa hingga sholat ‘Ied.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Hari mulai berpuasa (tanggal 1 ramadhan) adalah hari di mana kalian semua berpuasa. Hari berbuka (hari raya 1 syawal) adalah hari di mana kalian semua berbuka.” (HR. Turmudzi 697, Abu Daud 2324, dan dishahihkan Al-Albani).

Dari dua hadis di atas kita dapat menyimpulkan bahwa secara bahasa Idulfitri berarti Hari raya Berbuka, alias berhenti berpuasa atau fitru/iftar. Jadi kata fitri dalam idulfitri bermakna sama dengan pengertian iftar (berbuka puasa) sehingga untuk membedakan hari Idulfitri dengan hari puasa kita disunahkan untuk makan sebelum sholat ied, yang mana hal tersebut tentu saja akan membatalkan puasa jika dilakukan sebelum Idulfitri :)

------

Dari uraian pendek di atas jelas bahwa kata fitri TIDAK sama dengan fitrah. Fitri dan fitrah adalah dua kata yang berbeda. Beda arti dan penggunaannya. Namun, mengingat cara pengucapannya yang hampir sama, banyak masyarakat Indonesia menyangka bahwa itu dua kata yang sama.

Kenapa Idulfitri sering disalahpahami sebagai hari fitrah? Tebakan sotoy saya karena adanya kewajiban Zakat Fitrah, mungkin saja ada yang menyamakan arti kata fitrah pada zakat fitrah dan kata fitri pada idulfitri, toh keduanya mirip, hanya beda 2 huruf. (mungkin loh yah).

Coba cek Wikipedia tentang Zakat Fitrah di sini.  Tertulis: "Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Kata Fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah."

Nah, itu clue saya menebak adanya khilaf memaknai fitri dan fitrah, namanya juga Bahasa Arab, saya juga gak terlalu paham.
Ya, saya bukan ustadz dan tentu saja siap menerima kritik :)

Salam.

Sebelumnya saya juga pernah menulis soal ini di sotoy soal kata Idulfitri.

Rujukan: Idul Fitri Bukan Kembali Suci

#NulisRandom 19

Artikel terkait:

0 comments

badge