Panggil Dia Pelangi

Sebut saja namanya Pelangi. Gadis kecil yang memiliki sejuta impian juga harapan di matanya. Setiap bersekolah dia selalu membawa adiknya ke sekolah, guru-guru di sana pun sungguh luar biasa mengizinkan dia belajar sambil mengasuh adiknya yang masih bayi. Teman-temannya pun tak kalah hebat selalu membantunya mengasuh dan mengajak bermain.. pendistribusian bantuan buku bacaan dan paket buku tulis bagi YPI Fadilatul Jihad Pakenjeng. Garut Jawa Barat
YPI Fadilatul Jihad Kp, Cisagu. Ds. Talagawangi. Kec. Pakenjeng Garut
Panggil Dia Pelangi 
Sebut saja namanya Pelangi. Gadis kecil yang memiliki sejuta impian juga harapan di matanya. Setiap bersekolah dia selalu membawa adiknya ke sekolah, guru-guru di sana pun sungguh luar biasa mengizinkan dia belajar sambil mengasuh adiknya yang masih bayi. Teman-temannya pun tak kalah hebat selalu membantunya mengasuh dan mengajak bermain.

Saya terkejut sungguh terkejut bagaimana mungkin ini bisa terjadi pada anak seusianya. Yang harusnya fokus belajar demi meraih cita-cita juga bermain bersama temannya. Sontak bayangan seperti itu musnah ketika saya melihat gadis kecil ini menggendong adiknya. Nampak sekali wajahnya sungguh lelah, mungkin sejenak dia ingin fokus belajar seperti teman yang lainnya, beristirahat dan bermain bersama temannya. Tapi gadis lugu itu tidak melakukannya, tidak ada pilihan lagi selain membawa adiknya kemanapun dia pergi.

Orang tua Pelangi sibuk berkebun, tidak ada yang menjaga adiknya lagi selain Pelangi. Semua dijalani dengan kerelaan hati yang luar biasa. Pelangi tak pernah mengeluh sedikit pun, baginya belajar bisa dimana saja. Sekali pun sambil menggendong adiknya, dia tetap mengerjakan tugasnya sebagai siswa. Semua dikerjakan bersama.

Pelangi juga tidak pernah mengeluhkan hal ini kepada orang tuanya, dia anak yang baik, mencintai adik dan orang tuanya tanpa syarat. Minimnya ekonomi membuat orang tua Pelangi bekerja pontang-panting demi menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dia lah Pelangi, gadis yang memiliki sejuta impian. Dia lah Pelangi yang selalu semangat belajar tanpa mengenal alasan. Dia lah Pelangi yang memberikan banyak pelajaran. Dia lah Pelangi yang pantas untuk mendapatkan apresiasi dari kita semua.

Pelangi membawa warna tersendiri bagi dunia pendidikan, dia selalu bersemangat untuk pergi ke sekolah. Tak perduli apa kata orang. Meskipun dia pergi ke sekolah sambil mengasuh adiknya yang masih bayi itu, semua tidak menghalangi keinginan Pelangi untuk dapat terus bersekolah mengenyam bangku pendidikan.
Semoga semua mata melihat, bahwa kehidupan seperti ini nyata!

Semoga semua impian Pelangi mewujud. Dan semoga semua orang juga pemerintah terketuk hatinya melihat semangat Pelangi dalam menuntut ilmu. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sosok Pelangi. Ada cinta, semangat, juga kompetisi yang menyatu dalam dirinya.

“Jangan menyerah Pelangi, Allah senantiasa menyertaimu”.
“Hidup ini hanya sekali, lalu mati. Pergunakan kesempatan hidup dengan sebaik-baiknya. Berlomba-lomba lah dalam kebaikan katena itu arti kehidupan yang sesungguhnya”. 

_______________
Naskah dan Foto: Suryani
Lokasi - YPI Fadilatul Jihad Kp, Cisagu. Ds. Talagawangi. Kec. Pakenjeng Garut Jabar.
Foto diambil oleh relawan tanggal 2 Mei 2017 saat pendistribusian bantuan buku bacaan dan paket buku tulis bagi YPI Fadilatul Jihad Pakenjeng Garut dalam rangka Hari Pendidikan Nasional.


Posting Komentar

No Spam, Please.