tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)

tutorial install aplikasi di blackberry (BB) step by step install aplikasi java di blackberry dengan Blackberry desktop manager (BBDM atau DM) Pertama install BBDM di PC/laptop, saya menggunakan BBDM 6, so apa yg akan saya share disini seluruhnya berdasarkan pengalaman saya menggunakan BBDM 6 atau Blackberry Desktop Software Ver. 6.0.0.43.
tutorial install aplikasi di blackberry (BB)

step by step install aplikasi java di blackberry dengan Blackberry desktop manager (BBDM atau DM)

Pertama install BBDM di PC/laptop, saya menggunakan BBDM 6, so apa yg akan saya share disini seluruhnya berdasarkan pengalaman saya menggunakan BBDM 6 atau Blackberry Desktop Software Ver. 6.0.0.43. Jika pada PC/Laptop sudah terinstall Blackberry Desktop Manager silahkan langsung ke langkah berikutnya. Jika di PC/Laptop belum ter-install dan tidak ada CD BBDM silahkan download di sini. Jika download dari web Blackberrynya akan memakan waktu lama :)

Siapkan file java berekstensi *.jar simpan saja di desktop supaya mudah mencarinya.

Saya ingin menginstal pd-english-indonesia1.jar yaitu kamus Bahasa Indonesia dan Inggris

tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)

dan aplikasi pocket quran (jenis file *.alx dan *.cod)

tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)



Jalankan program BBDM di PC/Laptop lalu hubungkan dengan handheld Blackberry kita melalui kabel USB (dengan bluetooth juga bisa). saya menggunakan USB. Biarkan saja notifikasi di BB untuk storage mode.

Jika koneksi atau hubungan sudah Ok, maka BBDM akan menampilkan tipe, PIN dlsb ttg BB. Untuk amannya back up/cadangkan BB sebelum melakukan proses apapun. Biarkan proses back up/pencadangan selesai hingga ada notifikasinya.

Setelah selesai proses back up. klik menu Aplikasi pada bilah menu... biarkan proses inisialisasi selesai.

Jika BBDM telah selesai maka akan tampak aplikasi apa saja yg terinstall dalam handheld BB.

tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)

Jika ingin meng un-install atau menghapus aplikasi, tinggal klik x di samping nama aplikasi.

klik menu Impor file... pada pojok kanan layar BBDM. Untuk file dengan ekstensi *.alx akan langsung dikenali sebagai file aplikasi, untuk file *.jar kita harus mengubah menu files of tipe di bagian bawah window menu explorer. Setelah kita ubah menjadi all file atau semua file barulah file aplikasi java dengan ekstensi *.jar akan tampak.

tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)

klik filenya hingga proses impor selesai dan file aplikasi dimaksud akan masuk dalam list aplikasi. Dalam hal ini aplikasi pocket quran dan kamus english - Indonesia, jika sudah terdetect dan masuk dalam list klik menu "Terapkan" di bagian bawah window aplikasi BBDM. akan muncul jendela konfirmasi proses instal aplikasi, biarkan hingga selesai, jangan putuskan hubungan (USB atau Bluetooth) sampai proses selesai.

tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)

jika proses install aplikasi sudah selesai, maka aplikasi yang baru saja kita install akan masuk dalam list aplikasi.

tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)

selesai sudah proses install melalui BBDM. tinggal lihat hasilnya di BB.

tutorial install aplikasi JAVA di Blackberry (BB)


notes:
beberapa file java dengan ekstensi *.jar tidak bisa langsung diinstall dgn cara demikian. Silahkan coba dengan BBSAK karena akan lebih cepat dan menghemat waktu. Nanti jika sempat saya buatkan tuts-nya juga. untuk file2 aplikasi di atas silahkan download melalui PC dan install. khusus untuk kamus bahasa sudah di konversi menjadi COD dan ALX, silahkan download di sini. untuk pocket quran silahkan download di sini .

salam

*beberapa aplikasi untuk Blackberry sudah saya post di sini, silahkan di tengok :)

6 komentar

  1. boss hp gemini ane gak mau detek di komputer, masstrogenya gak bisa kebeca di komputer, tp klo dikonekin di appworld bisa, kenapa tuh? padahal settingannya di hp sudah bener, mohon bantuannya...
  2. pake passowrd gak tuh bb? matikan dulu passwordnya, cek kabel usb dan coba di usb port yg lain, kalo gak konek juga, mungkin di setingan bb nya aja yg menutup diri dari cunia luar... jiaaahhh bahasa gw hahahaha
  3. Wah mantap nih nambah lagi ilmu, kirain tinggal langsung install di blackberry.
    Kunjungi balik ya ---> http://apknvdie.blogspot.com/
    1. :) begitu deh, ok trims sudah mampir
  4. Makasih Tutorialnya mengenai aplikasi java. Informasi yang sangat bermanfaat :)
    1. Makasih sudah mampir.... in postingan 6 tahun lalu :)
No Spam, Please.