KREATOR Fans Menjawab

Entah kenapa, karena sedang banyak tekanan, stress atau sedang roman, atau mual-mual denger musik jaman sekarang. Gw jadi rajin memperkosa Mbah Google memulung pernak-pernik yang berhubungan dengan musik Thrash metal tahun 80-an.

Kreator adalah salah satu band Thrash Metal yang jaya di era 80-an dan masih eksis hingga sekarang serta gak ikut-ikutan jadi metal balada ala Megadeth, soft metal ala Metallica dst.

Sekarang memang ada System of a down (SOAD) band favoritnya Harry_zoe, namun keterbatasan pilihan akan mengembalikan gw ke tumpukan nama band-band lama yang masih terasa idealismenya.

Oh yah, gw sempet membaca sebuah postingan blog yang menuliskan:


Quote:

Lha, kok bisa grup band yang merayakan kegendengan, menganjurkan hal-hal yang jahat, bisa tampil dengan bebas di sini? Indonesia memang sudah masuk era demokratisasi, di mana kita bisa menikmati aneka kebebasan. Namun, ketika ruang kebebasan itu diisi dengan ajaran-ajaran anti-Tuhan, anti-agama, memuja kematian, mengajak orang membunuh sesama manusia... haruskah kita biarkan?""

End Quote.


Hehehe... kata-kata itu dia tulis sebagai penutup dari postingannya yang berjudul KREATOR Band Benci Tuhan?.









Quoted dari blog yg sama:
"Kita nggak berani nyablon ENEMY OF GOD, "musuhnya Allah". Kita bisa ditangkap," kata para penjual kaos di luar area konser.



Begini lah memang yang terjadi kalo kita hanya mengartikan sebuah kata tanpa melihat konteks dan terlalu PD dengan kadar intelektual kita mengenai arti kalimat itu.

Saat gw membaca lirik dari lagu Enemy of God, gw sempet ngamuk-ngamuk sendirian, bagaimana tidak, dalam lirik itu jelas tertulis:
"A Godless Mekka now awaits, as hellish flames desecrates"

Tahudong apa artinya "MEKKA"?
Kalo gak tahu coba aja tanya Mbah Goggle.
Tapi lama kelamaan gw ngerti, dan lagu Enemy of God bisa gw pahami sedikit demi sedikit sebagai protes tersembunyi dari politik anti terror yang di lancarkan Bush setelah 11-9.

Nih ada interview ama si Petrozza ttg Enemy of God klik aja di sini.

Ya udah kalo males gue Quote lg.


Quote:

"PunkTV.ca:
You called this album, Enemies of God. Why "enemies"?

Petrozza:
You know, people tend to think that this is a religious statement or an anti-religious statement, or that we are criticizing the Catholic Church, but we are not. I got inspired by a speech that I heard on TV. The President Bush said that we had to protect the people of the United States from God's enemies' Also, so did the terrorists, Osama, you name them, that's basically what they said. So, I think that it's the same kind of vocabulary. You know, axis of evil, all these words, they sound so, I don't know, It has nothing to do with reality

PunkTV.ca: It's all propaganda.
Petrozza: Ya ya ya, that's what I mean.
End Quote.


Band-band Thrash Metal selalu memposisikan diri sebagai oposan, mereka lebih bersifat sebagai suara politik, dan tidak heran band-band ini menjadi semacam oase dalam situasi politik di Indonesia era tahun 80-an. Seperti juga SOAD dan lainnya (saat ini). Mereka jarang berbicara tentang agama layaknya band-band Heavy metal atau Black Metal dengan segala varian dan ritus-ritus panggung yang aneh-aneh.

Mereka mengecam perang, saat mereka menganjurkan pembunuhan, atau kekerasan dalam lagu-lagu mereka, itu lebih merupakan sebuah pesan otokritik yang disampaikan kepada penguasa politik, bukan sebuah anjuran, semacam kasus bunuh diri seorang fans Judas-Priest setelah mendengar lagu-lagu semacam itu, itu benar-benar sebuah out of context (OOT) yg parah.

ehhhh... dah panjang juga nih postingan wkkkk

Ok brur n ses, met weekend and pesan dari postingan ini, agar kita dapat lebih mau mendengar, jangan terlalu yakin tentang sesuatu yang memang belum kita pahami. Seperti kesalahan pemahaman dari kata "Enemy of God" dalam konteks sebuah judul lagu dan judul album. Dengar dan pahami dahulu isinya, baru mengambil kesimpulan.

Sama seperti kasus Film Fitna, hmmmmm, thus bagi saya film itu justru membuka kedok dan merupakan penjelasan paling gamblang mengenai pemahaman mereka ttg Islam. So... mengutip peringatan bang Napi.. "waspadalah... waspadalah!!!"



Related links:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kreator
http://en.wikipedia.org/wiki/Kreator
http://www.kreator-terrorzone.de/site/index.php
http://first-things-first.blogspot.com/2005/09/kreator-trashing-indonesia-2005.html
http://hurek.blogspot.com/2006/12/kreator-ben-heavy-metal-anti-tuhan.html

Mau denger lagu-lagunya donlot dagh di sini:
http://keepintheworld.blogspot.com/2007/10/kreator-enemy-of-god-tour-07.html

Lirik dari lagu-lagu Kretor dapat di lihat di sini:
http://www.darklyrics.com/k/kreator.html

reposted from HERE

Posting Komentar

No Spam, Please.